Sabtu, 12 Maret 2011

Kereta Batik (manusia dan keindahan)




Sebagai warga Negara yang baik tentunya kita patut bangga terhadap warisan leluhur kita, salah satunya batik. Batik yang kita kenal biasanya diimplementasikan dalam bentuk busana, baik itu baju ataupun celana bermotif batik. Tetapi PT Kereta API Indonesia menghadirkan suatu inovasi baru, yaitu meluncurkan Kereta Bermotif Batik. Ya kereta bermotif batik tersebut adalah Kereta API Argo Parahyangan relasi Bandung – Jakarta. Ini terbilang unik dan merupakan kereta api bermotif batik pertama di Dunia.

Batik yang digunakan dalam penghiasan kereta api tersebut adalah perpaduan dari batik Cirebon, pekalongan , dan pacitan. Di gerbong tersebut juga terdapat gambar salah satu tokoh wayang BIMA. Direktur komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito saat Peluncuran Kereta Api ini di Stasiun Bandung, Dia berharap dengan diluncurkannya kereta Api ini masyarakat bisa merasa bangga atas warisan budaya yang telah di wariskan oleh leluhurnya. Dengan ini Dia juga berharap masyarakat yang tinggal di dekat rel kereta api bisa lebih menghargai kereta api yang melintas, karena selama ini jika kereta api melintas mereka sering melempari kereta api dengan batu.

Inovasi dari PT KAI ini merupakan sesuatu yang sangat fresh dan tentu saja sangat kreatif. Dengan menggunakan batik sebagai media penyampaian pesan kepada masyarakat luas. PT KAI menyadari bahwa akhir – akhir ini batik sangat popular di masyarakat. Dengan kereta motif batik pertama di Dunia ini juga PT KAI berharap agar pesan yang akan mereka sampaikan yaitu pesan agar masyarakat Indonesia lebih cinta kepada batik, dan agar kereta api tidak di jadikan pelampiasan lagi karena selama ini saat kereta api melintas banyak warga yang melemparinya dengan batu. Saya rasa dengan Ide Kreatif dan inovatif ini pesan yang akan disampaikan oleh PT KAI akan di respon baik oleh masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar